Three White Soldiers & Three Black Crows

Aksi harga (price action) yang akan kita bahas kali ini adalah candle pattern yang tergolong dinantikan dan diperhitungkan oleh para traders, terutama jika terbentuk pada time frame Daily.

Swing trader maupun day taders umumnya tidak akan menganggap remeh pola dari aksi harga tersebut. Mereka akan memanfaatkannya untuk meraih profit yang maksimal. Candle pattern yang dimaksud adalah Three White Soldiers dan Three Black Crows.

[ Baca juga: Day Trading VS Swing Trading, Mana yang Lebih Baik? ]

Konsep umum dari Three White Solditers adalah terbentuknya 3 (tiga) buah candle BULLISH secara beruntun. Ini menandakan bahwa buyers sedang berusaha mendominasi perdagangan. Jika terjadi pada time frame Daily, umumnya sentimen pasar masih akan berisiko melanjutkan upswing dalam beberapa hari ke depan.

Sebaliknya, Tree Black Crows adalah terbentuknya 3 (tiga) buah candle BEARISH secara berturut-turut. Ini menjadi indikasi bahwa sellers tengah berupaya menguasai perdagangan. Jika terjadi pada time frame Daily, umumnya sentimen pasar masih akan berisiko melanjutkan downswing dalam beberapa hari ke depan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan ilustrasi berikut di bawah ini:

Beberapa karakter yang lebih spesifik dari Three White Soldiers adalah umumnya candle pattern ini berangkat dari area support sebagai reaksi kuat dari buyers. Hampir bisa dipastikan bahwa area support Daily mampu bertahan atau sellers kehilangan tenaga untuk melanjutkan bearish.

Sedangkan, pada Three Black Crows, umumnya candle pattern ini mundur dari area resistance. Hampir bisa dipastikan bahwa area resistance Daily tetap tangguh bertahan atau sulit dilalui, sehingga sellers kemudian merespons dan mengambil alih perdagangan.

[ Baca juga: Konsep Dasar Support dan Resistance Untuk Pemula ]

Selanjutnya, mari kita perhatikan aksi harga pada pasangan mata uang GBP/USD. Kita akan menyaksikan contoh yang lebih konkret dari candle pattern yang sedang kita bahas sekarang.

Pada ilustrasi time frame Daily di atas, Three White Soldiers terbentuk pada pertengahan Desember 2021. Sedangkan, Three Black Crows terbentuk pada pertengahan Januari 2022.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.