Euro Loyo Usai Rilis Data Sentimen Ekonomi, Indeks Dolar Lanjut Menguat

Dolar AS bertahan menguat versus beberapa mata uang utama lainnya di sesi New York, Selasa (7/12). Sementara, Euro tetap loyo setelah rilis data sentimen ekonomi Jerman dan Zona Euro.

ZEW (Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung) melaporkan hasil survei terbarunya pada hari ini bahwa sentimen ekonomi (Economic Sentiment) Zona Euro hingga pertengahan November hingga Desember tercatat naik dari 25.9 ke level 26.8, melebihi ekspektasi 25.9.

ZEW juga melaporkan bahwa sentimen ekonomi Jerman turun dari 31.7 ke level 29.9, meskipun melebihi ekspektasi 25.3.

Hingga pukul 21:20 WIB, Indeks Dolar AS terpantau 0.23 persen di kisaran level 96.51. Sementara, EUR/USD tercatat turun 0.35 persen di kisaran level 1.1244.

Presiden ZEW, Profesor Achim Wambach, mengatakan: “Ekonomi Jerman sangat tertekan dari perkembangan terbaru pandemi Covid-19. Hambatan supply yang berkelanjutan telah membebani produksi dan perdagangan retail.”

“Penurunan sentimen ekonomi menunjukkan bahwa harapan untuk pertumbuhan yang lebih kuat dalam enam bulan ke depan memudar. Terutama ekspektasi pendapatan dari industri yang berorientasi ekspor dan terkait konsumen, dinilai lebih negatif.”

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.