Dolar AS Stabil, Pasar Menunggu Putusan The Fed

Dolar AS masih terlihat stabil versus beberapa mata uang utama lainnya pada hari ini, Rabu (15/12). Investor sedang menunggu putusan kebijakan bank sentral AS (Federal Reserve/Fed) yang dijadwalkan Kamis (16/12) dini hari pukul 02:00 WIB.

Hingga pukul 20:39 WIB, Indeks Dolar AS terpantau turun tipis 0.06 persen di kisaran level 96.50.

Analis CBA, Kim Mundy, mengatakan kepada Reuters: “Pasar mata uang belakangan ini telah mengambil jeda kecil dari kekhawatiran terhadap Omicron, varian baru Covid-19. Tapi juga berpotensi bergejolak. Memang sulit untuk menentukan fokus ketika pasar sedang menunggu putusan The Fed, Bank of England dan European Central Bank.”

Mundy mengungkapkan bahwa investor mencermati rapat The Fed karena dua alasan. Pertama, apakah bank sentral akan mempercepat pengurangan aset. Kedua, apakah akan memajukan proyeksinya untuk kenaikan suku bunga, yang dikenal sebagai “dot plot”.

Pasar memperkirakan The Fed akan menyelesaikan tapering antara $25 miliar-$30 miliar per bulan, dari $15 miliar saat ini, pada Maret 2022. Mereka juga memprediksi satu atau dua kenaikan suku bunga di tahun yang sama.

“Angka di batas bawah kisaran itu dapat menyebabkan beberapa kelemahan dolar dalam jangka pendek,” kata Mundy menambahkan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *