Dolar AS Stabil, Pasar Menanti Keputusan Beberapa Bank Sentral Pekan Ini

Dolar AS terpantau bergerak cukup stabil dengan rentang yang terbatas di tengah minimnya data ekonomi pada hari ini, Senin (30/1). Sementara itu, investor bersiap menunggu keputusan beberapa bank sentral utama pada pekan ini. Antara lain, Federal Reserve (The Fed/bank sentral AS), European Central Bank (ECB/bank sentral Uni Eropa) dan Bank of England (BoE/bank sentral Inggris).

Hingga pukul 23:28 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya tercatat menguat 0.17% di kisaran level 102.08.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

The Fed akan mengumumkan keputusan kebijakan terbarunya pada Rabu waktu setempat, atau Kamis (2/2) dini hari (WIB). Sementara, ECB dan BoE juga akan menyusul pada Kamis. Ketiga bank sentral itu diperkirakan akan menaikkan suku bunga lebih lanjut. Akan tetapi, ada lebih banyak ketidakpastian terkait bagaimana lembaga-lembaga tersebut akan memproyeksikan ekspektasi atas jalur suku bunga ke depan, di mana inflasi diperkirakan akan surut yang disertai dengan pertumbuhan ekonomi yang cenderung menurun.

Pasar memperkirakan Fed akan menaikkan kisaran suku bunga acuan hanya 25 basis poin ke batas atas 4,75%. Sementara pejabat ECB telah mengindikasi kenaikan 0,5%, yang akan membawa suku bunga deposito menjadi 2,5% dan suku bunga refinancing menjadi 3,0%. Sedangkan BoE, ada perbedaan pendapat mengenai apakah bank sentral Inggris itu – yang saat ini memiliki suku bunga acuan sebesar 3,50% – akan memilih untuk menaikkan 25 atau 50 basis poin.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *