Data Retail Sales dan Consumer Sentiment AS Melebihi Ekspektasi, Dolar Malah Ogah Naik

Greenback kehilangan momentum untuk melanjutkan reli yang lebih tinggi pada hari ini, Jumat (15/7), meskipun beberapa data AS mencatatkan output yang melebihi ekspektasi. Aksi ambil untung (profit taking) tampaknya sedang berlangsung menjelang penutupan perdagangan di akhir pekan ini.

Hingga pukul 21:16 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan Greenback terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau melemah 0.36% di kisaran level 108.23.

Indeks Dolar AS (Time Frame DAILY)

Penjualan ritel (Retail Sales) AS berbasis bulanan (month-over-month) untuk periode Juni meningkat dari sebelumnya -0.1% menjadi 1.0% mom, melebihi ekspektasi 0.9% mom. Sedangkan, Core Retail Sales naik dari sebelumnya 0.6% menjadi 1.0% mom, melebihi perkiraan 0.7% mom.

Universitas Michigan AS juga melaporkan hasil survei terbarunya pada hari ini bahwa Consumer Sentiment di bulan Juli naik dari sebelumnya 50.0 ke level 51.1, melebihi ekspektasi 49.0.

Terkait dengan data penjualan ritel AS, Joseph Trevisani, senior analis FXStreet di New York, mengatakan: “Data tersebut sedikit lebih baik dari yang diperkirakan, tapi saya pikir semua orang juga menyadari bahwa hal itu kemungkinan karena inflasi.”

Trevisani juga mengatakan bahwa investor cenderung melakukan aksi profit taking pada hair ini, dengan menutup posisi sebelum penutupan perdagangan di akhir pekan, setelah reli dolar yang kuat.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.