BEI Libur, Cuti Bersama Dimulai Hari Ini; Investor Asing Catat Net Buy 25,38 Triliun dalam Sepekan

Bursa Efek Indonesia (BEI) libur pada Jumat (29/4), lantaran cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri 2022 telah dimulai hari ini, berlanjut hingga 4-6 Mei 2022. Perdagangan mata uang rupiah di pasar spot juga libur pada tanggal-tanggal tersebut.

Dalam sepekan menjelang Idul Fitri, pergerakan bursa ditutup bervariasi. Namun, investor asing membukukan aksi beli bersih atau net buy dalam periode 25-28 April.

Berdasarkan data BEI, total net buy asing dalam sepekan mencapai Rp 48,81 triliun. Sementara, nilai transaksi jual bersih atau net sell investor asing senilai Rp 23,42 triliun.

Sehingga, sepanjang sepekan ini investor asing melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 25,38 triliun. Adapun sepanjang tahun berjalan ini asing sudah mencatat net buy sebesar sebesar Rp 72,167 triliun.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,45% ke 7.228,91 pada perdagangan hari terakhir sebelum libur Lebaran, yakni Kamis (28/4). Dalam sepekan yang hanya terdiri dari empat hari perdagangan, IHSG masih mengakumulasi kenaikan tipis 0,05%.

Beberapa pengamat mengatakan, pergerakan IHSG pekan ini dipengaruhi kekhawatiran investor terhadap perlambatan ekonomi global dan kebijakan bank sentral AS yang cenderung agresif untuk menghadang inflasi. Di sisi lain, konflik Rusia-Ukraina juga masih membayangi pergerakan bursa global dan IHSG.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.