Rupiah Spot Melemah 31,5 Poin ke Level Rp 14.332,5 per Dolar AS – Senin (14/3)

Rupiah Spot Hari Ini

Rupiah tak bertenaga di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini, Senin (14/3). Rupiah terbebani sikap pelaku pasar yang bersiap menanti putusan kebijakan The Fed (Federal Reserve/bank sentral AS) yang akan diumumkan pekan ini.

Sementara itu, konflik Rusia-Ukraina masih membayangi sentimen. Namun, ada setitik harapan untuk mengakhiri perang yang pecah sejak 24 Februari.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengatakan pada Minggu (13/3) bahwa ada tanda-tanda bahwa Rusia bersedia memulai negosiasi substansial untuk mengakhiri konflik.

Dari dalam negeri, pelaku pasar terus memantau perkembangan data ekonomi yang akan dirilis pekan ini, terutama Neraca Perdagangan

Bank Indonesia yang akan mengumumkan suku bunga acuannya juga diprediksi akan tetap berada pada 3,5 persen seperti bulan Februari lalu.

Sementara itu, harga komoditas masih menjadi faktor utama penggerak neraca perdagangan Februari 2022.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah 31,5 poin atau 22 persen ke level Rp 14.332,5 per dolar AS.

Kurs referensi Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) Bank Indonesia (BI) juga lesu di awal pekan ini. Kurs Jisdor berada di level Rp 14.328 per dolar AS, melemah 0,15 persen dari posisi Jumat (11/3).

Di Asia, mayoritas mata uang melemah terhadap dolar AS. Hingga pukul 15:00 WIB, won Korea memimpin pelemahan setelah terkapar 0,80%. Disusul, dolar Taiwan yang melemah 0,46%. Berikutnya, baht Thailand melemah 0,43%. Sementara, pesso Filipina melemah 0,37%.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *