Rupiah Spot Menguat 7,5 Poin ke Level Rp 14.386,5 per Dolar AS – Jumat (4/3)

Rupiah terapresiasi di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini, Jumat (4/3), meski dengan kenaikan yang tipis. Sementara, mayoritas mata uang di Asia cenderung melemah.

Pengamat mengatakan, investor asing terus melakukan aksi beli di bursa saham Indonesia dengan mencatat net buy dalam beberapa pekan terakhir. Aliran modal tersebut mampu membuat rupiah tetap bertahan di tengah ketidakpastian global yang memburuk akibat konflik Rusia-Ukraina.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat 7,5 poin atau 0.05 persen ke level Rp 14.386,5 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) Bank Indonesia (BI) berlanjut lesu hari ini. Kurs Jisdor berada di level Rp 14.383 per dolar AS atau melemah 0,07% dibandingkan Rabu (2/3).

Hingga pukul 15.00 WIB, sebagian besar mata uang di Asia melemah. Won Korea Selatan menjadi mata uang yang terdepresiasi paling dalam setelah ditutup anjlok 0,78%. Disusul, peso Filipina yang ditutup melemah 0,48%. Selanjutnya, rupee India dan dolar Singapura melemah masing-masing 0,32% dan 0,25%.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *