Rupiah Spot Melemah Tipis 8 Poin ke Level Rp 15.575,5 per Dolar AS – Selasa (10/1)

Rupiah gagal melanjutkan kinerja positif pada hari ini, Selasa (10/1), setelah menguat lumayan signifikan pada perdagangan kemarin. Sementara itu, pergerakan mata uang di kawasan Asia cenderung bervariasi terhadap dolar AS.

Pasar sedang menantikan Jerome Powell, Ketua Federal Reserve (bank sentral AS), yang akan memberikan pidatonya dalam acara diskusi panel yang bertajuk “independensi dan mandat bank sentral” di Stockholm. Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa bank sentral utama lainnya, antara lain Bank of Canada (bank sentral Kanada) dan Bank of England (bank sentral Inggris).

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah tipis 8 poin atau 0,05% ke level Rp 15.575,5 per dolar AS.

Kurs referensi Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) Bank Indonesia (BI) juga lesu hari ini. Kurs Jisdor berada di level Rp 15.589 per dolar AS, melemah 0,1% dibandingkan posisi Senin (9/1).

Sementara itu, hingga pukul 16:00 WIB, pergerakan mata uang Asia cenderung bervariasi terhadap dolar AS. Rupee India menjadi mata uang dengan penguatan terbesar setelah melonjak 0,7%. Diikuti, peso Filipina yang sudah ditutup terangkat 0,45%.

Sedangkan, baht Thailand menjadi mata uang dengan pelemahan terdalam setelah turun 0,26%. Disusul, won Korea Selatan dan dolar Hong Kong yang sama-sama terkikis 0,07% terhadap dolar AS.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *