BI Kerek Suku Bunga, Rupiah Spot Rebound 54 Poin ke Level Rp 14.837,5 per Dolar AS

Rupiah menguat cukup tajam terhadap dolar AS pada hari ini, Selasa (23/8), menyusul keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan suku bunga acuan.

BI menaikkan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis poin (bps) dalam Rapat Dewan Gubernur BI Agustus 2022. Sehingga, suku bunga acuan kini bergerak ke level 3,75%. 

BI juga menaikkan suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi 3% dan suku bunga lending facility sebesar 25 bps menjadi 4,5%.

Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers hari ini mengatakan: “Keputusan ini menjadi langkah untuk memitigasi risiko inflasi yang makin naik karena kenaikan BBM nonsubsidi dan harga pangan, serta untuk memperkuat kurs rupiah di tengah ketidakpastian eknomi global dan peningkatan pertumbuhan ekonomi domestik yang kuat.”

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup terapresiasi 54 poin atau 0,36% ke level Rp 14.837,5 per dolar AS.

Sementara itu, Kurs referensi Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) Bank Indonesia (BI) masih lesu. Kurs Jisdor hari ini berada di posisi Rp 14.893 per dolar AS, melemah 0,07% dibandingkan posisi Senin (22/8).

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *