Ditopang Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga The Fed, Dolar AS Lanjut Menguat

Memperpanjang rebound Jumat pekan lalu, Dolar AS berlanjut menguat terhadap major currencies pada hari ini, Senin (17/4), ditopang oleh ekspektasi bahwa Federal Reserve (bank sentral AS/The Fed) akan kembali menaikkan suku bunga pada Mei 2023.

Hingga pukul 22:59 WIB, Indeks Dolar AS yang mengukur kinerja USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.62% di kisaran level 102.21.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

Dolar AS rebound tajam pada perdagangan Jumat (14/4), menyusul pernyataan Gubernur Fed Christopher Waller yang prihatin atas tingginya tingkat inflasi AS. Waller juga menekankan perlunya kelanjutan kebijakan moneter yang lebih ketat.

Waller antara lain juga mengatakan: “Saya menafsirkan data inflasi AS (yang dirilis baru-baru ini) sebagai indikasi bahwa bank sentral belum membuat banyak kemajuan pada target inflasi, yang membuat saya berada di posisi yang sama dalam prospek ekonomi seperti pada pertemuan FOMC terakhir, dan berada di jalur yang sama untuk kebijakan moneter,” ujarnya.

Waller juga menekankan bahwa mengingat keadaan saat ini, “kebijakan moneter harus tetap ketat untuk jangka waktu yang cukup lama, lebih lama dari yang diperkirakan pasar.”

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *