Dolar Menguat Setelah Data PMI Zona Euro, Inggris dan AS

Dolar AS menguat versus major currencies pada perdagangan Jumat (24/3), setelah rilis data PMI dari Zona Euro, Inggris dan AS. Akan tetapi penguatan USD disertai dengan kepercayaan di sektor perbankan yang masih rapuh.

Hingga pukul 22:34 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.58% di kisaran level 103.18.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

Pada chart Daily di atas, Dolar AS masih cenderung berisiko bearish meskipun hari ini menguat. Penutupan candlestick Daily di atas kurva MA-50 dibutuhkan untuk mengubah outlook jangka pendek yang sementara ini masih negatif.

Dari kawasan Zona Euro, data Purchasing Manager’s Index (PMI) sektor manufaktur berkontraksi di level 47.1 di bulan Maret, lebih kecil dari ekspektasi 48.9 dan turun dari bulan sebelumnya di level 48.5. Namun, sektor jasa berekspansi ke level 55.6, melebihi ekspektasi 52.6.

Dari Inggris, PMI sektor manufaktur berkontraksi ke level 48.0, lebih rendah dari ekspektasi 49.8. Sedangkan, sektor jasa berekspansi ke level 52.8, tapi lebih kecil dari ekspektasi 53.1.

Dari Amerika Serikat (AS), PMI sektor manufaktur berkontraksi di level 49.3, tapi lebih tinggi dari ekspektasi 47.0. Sementara, sektor jasa berekspansi ke level 53.8, lebih besar dari ekspektasi 50.3.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *