Harga Emas Spot Berlanjut Menguat Setelah Putusan The Fed

Harga emas dunia di pasar spot berlanjut menguat pada hari ini, Kamis (23/3), setelah putusan kebijakan moneter Federal Reserve (bank sentral AS/The Fed) dini hari tadi. Pada penutupan perdagangan Rabu (22/3), emas rebound tajam 1.55%.

Hingga pukul 21:27 WIB, harga emas di pasar spot (XAU/USD) terpantau menguat 0.72% di kisaran level 1983.82.

XAU/USD – TIME FRAME DAILY

Dari chart Daily di atas, outlook jangka pendek masih positif dan potensi untuk menjangkau level psikologis 2000.00 kembali terbuka.

Sesuai ekspektasi pasar secara luas, bank sentral AS menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin ke level 5.00%. Dalam konferensi pers setelah putusan tersebut, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral tidak mengharapkan penurunan suku bunga pada tahun 2023.

Analis Standard Chartered, Suki Cooper, mengatakan: “The Fed harus menyeimbangkan risiko inflasi dan stabilitas ekonomi, keduanya merupakan faktor yang dapat mendorong permintaan safe-haven lebih lanjut untuk emas.”

Sejauh ini, emas telah naik lebih dari 7% di bulan Maret, mendekati rekor tertinggi di atas US$2.000 yang dicapai pada Maret 2020, di tengah kekhawatiran atas industri perbankan dan keuangan, terutama dipicu oleh suku bunga yang lebih tinggi.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *