Ditopang Data Tenaga Kerja dan PMI Sektor Jasa, Dolar AS Perpanjang Rebound di Akhir Pekan

Dolar AS berhasil memperpanjang rebound dari level terendah 9 bulan pada hari ini, Jumat (3/2), usai rilis data tenaga kerja AS dan PMI sektor jasa yang menunjukkan hasil positif melebihi ekspektasi.

Hingga pukul 22:12 WIB, Indeks Dolar AS yang mengukur kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.95% di kisaran level 102.70.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

Sejumlah data ekonomi AS yang dirilis di sesi New York hari ini menunjukkan hasil yang positif dan menopang USD untuk bangkit terhadap major currencies.

Non-Farm Payoll (NFP) pada periode Januari 2023 mencatat perekrutan tenaga kerja (non-pertanian) sebanyak 517K, melebihi ekspektasi 193K.

Average Hourly Earnings atau upah/pendapatan rata-rata perjam, naik 0.3%, sesuai ekspektasi. Sedangkan, Unemployment Rate atau tingkat pengangguran turun dari 3.5% ke 3.4%, di bawah ekspektasi 3.6%.

Institute for Supply Management (ISM) juga melaporkan hasil survei terbarunya pada hari ini, bahwa Purchasing Manager’s Index (PMI) sektor jasa tercatat berekspansi dari 49.6 ke level 55.2, melebihi ekspektasi 50.5.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *