Dolar AS Tertekan Menjelang Putusan Federal Reserve

Dolar AS terpantau melemah terhadap major currencies di awal perdagangan sesi New York pada hari ini, Rabu (1/2). Sementara itu, pasar tengah bersiap menanti pengumuman hasil rapat kebijakan moneter Federal Reserve (bank sentral AS/The Fed) yang akan digelar tengah malam nanti atau Kamis (2/2) dini hari pukul 02:00 WIB.

Hingga pukul 22:08 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya tercatat melemah 0.22% di kisaran level 101.86.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin (bps) dari 4.50% ke level 4.75%. Investor akan mencermati apakah Ketua The Fed, Jerome Powell, akan memberikan pernyataan yang bernada hawkish pada konferensi pers setelah putusan The Fed.

Banyak pengamat/analis mengatakan bahwa bank sentral AS sedang mendekati akhir dari siklus pengetatannya. Sementara itu, beberapa pejabat Fed juga telah menekankan perlunya menahan suku bunga di wilayah terbatas untuk sementara waktu guna menurunkan inflasi, bahkan ketika investor mulai memperhitungkan kemungkinan penurunan suku bunga pada paruh kedua tahun ini.

Adam Button, analis ForexLive di Toronto – Kanada, mengatakan: “Pasar telah mengekspresikan keyakinan mereka bahwa The Fed akan mengurangi laju kenaikan suku bunga acuannya. Jika Powell memberikan nada hawkish, Dolar AS akan berupaya bangkit. Akan tetapi, pasar sepertinya tidak terlalu mengkhawatirkan hal ini.”

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *