Dolar AS Naik ke Level Tertinggi 1 Pekan Jelang Putusan Kebijakan Moneter Beberapa Bank Sentral

Dolar AS sempat naik ke level tertinggi 1 pekan terhadap major currencies pada perdagangan Selasa (31/1). Tapi kemudian penguatannya terkikis dan malah berbalik melemah di sesi New York, menjelang pengumuman hasil rapat/pertemuan beberapa bank sentral yang akan digelar mulai Kamis (2/2) dini hari (WIB).

Hingga pukul 20:55 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau melemah tipis 0.01% di kisaran level 102.22.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

Dolar AS sempat menguat di awal perdagangan hari ini, menjelang serangkaian keputusan bank sentral. Akan tetapi, penguatan itu masih tetap berada di jalur pelemahan bulanan keempat berturut-turut.

Sementara itu, investor sedang bersiap menunggu keputusan beberapa bank sentral utama pada pekan ini. Antara lain, Federal Reserve (The Fed/bank sentral AS), European Central Bank (ECB/bank sentral Uni Eropa) dan Bank of England (BoE/bank sentral Inggris).

The Fed akan menggelar pengumuman hasil rapat pada Kamis (2/2) dini hari pukul 02:00 WIB. Pasar memperkirakan bank sentral AS itu akan menaikkan suku bunga sebanyak 25 basis poin (bps).

BoE akan mengumumkan hasil rapat pada Kamis pukul 19:00 WIB dan diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebanyak 50 bps. Sedangkan, ECB akan mengumumkan hasil rapat di hari yang sama pada pukul 20:15 WIB dan diperkirakan menaikkan suku bunga sebanyak 50 bps.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *