Dolar AS Masih Cukup Stabil, Pasar Menanti Putusan The Fed Pekan Depan

Dolar AS sempat menguat dan kemudian merosot pada perdagangan Rabu (25/1), tapi selanjutnya bergerak cukup stabil versus major currencies.

Pelaku pasar cenderung berhati-hati dalam beberapa hari terakhir, menjelang putusan kebijakan moneter Federal Reserve (bank sentral AS/The Fed) yang akan digelar pekan depan.

Hingga pukul 23:19 WIB, Indeks Dolar AS yang mengukur kinerja USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya terpantau menguat tipis 0.03% di kisaran level 101.94.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

Alvin Tan, Analis RBC Capital Markets, mengatakan bahwa pasar relatif cukup tenang karena liburan Tahun Baru Imlek dan menjelang rapat/pertemuan The Fed yang semakin dekat.

“Sebagian besar pasar Asia masih libur,” ujar Tan. “Pasar fokus pada putusan The Fed dan saya pikir ada sedikit kehati-hatian sebelum itu.”

Sementara itu, penurunan harga energi global dan perlambatan inflasi yang di negara-negara maju telah memicu spekulasi bahwa Fed dan bank sentral lainnya akan segera menghentikan laju kenaikan suku bunga.

Ekspektasi tersebut telah menyebabkan Indeks Dolar AS, yang melonjak karena kenaikan suku bunga Fed tahun lalu, merosot lebih dari 11% dari level tertinggi 20 tahun di bulan September di 114.78.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *