Rupiah Spot Menguat 11 Poin ke Level Rp 15.731,5 per Dolar AS

Rupiah akhirnya berhasil terapresiasi pada perdagangan Rabu (30/11), walaupun penguatannya belum mampu menutup pelemahan sehari sebelumnya. Sementara itu, mata uang di kawasan Asia kompak menguat terhadap dolar AS.

Sejumlah pengamat mengatakan, mata uang Asia hari ini didukung oleh optimisme pasar terhadap pelonggaran pembatasan sosial (lockdown) di China menyusul aksi protes yang melanda negara itu di akhir pekan lalu.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot terapresiasi 11 poin atau 0,07% ke level Rp 15.731,5 per dolar AS.

Kurs rupiah di pasar spot tidak sejalan dengan kurs Jisdor pada hari ini. Kurs referensi Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) Bank Indonesia (BI) berada di level Rp 15.742 per dolar AS, melemah tipis 0,03% dibandingkan posisi sehari sebelumnya.

Hingga pukul 15:00 WIB, seluruh mata uang di Asia menguat terhadap dolar AS. Ringgit Malaysia memimpin setelah melonjak 0,92%. Selanjutnya, won Korea Selatan ditutup naik 0,66%. Baht Thailand 0,61%. Disusul, dolar Taiwan yang ditutup terapresiasi 0,32% terhadap dolar AS.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.