Data Inflasi Zona Euro Melebihi Ekspektasi, Laporan ADP Mengecewakan; Dolar Masih Cukup Stabil

Meski tertekan, Dolar AS masih cukup stabil pada hari ini, Rabu (31/8). Sementara itu, data inflasi Zona Euro yang dirilis sore tadi mencatatkan kenaikan inflasi yang melebihi ekspektasi. Sedangkan, ADP Non-Farm Employment Change AS yang dirilis di awal perdagangan sesi New York mencatat pertumbuhan tenaga kerja sektor swasta yang lebih rendah dari ekspektasi.

Hingga pukul 21:41 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya terpantau melemah 0.15% di kisaran level 108.65.

Indeks Dolar AS (Time Frame DAILY)

Eurostat melaporkan hari ini bahwa inflasi tahunan di kawasan mata uang tunggal Euro mengalami kenaikan di bulan Agustus, yakni 9.1% yoy (year-over-year). Angka itu melebihi ekspektasi 9.0% yoy setelah bulan sebelumnya mencatatkan angka 8.9% yoy.

Inflasi inti (Core CPI) Zona Euro pada periode yang sama juga naik ke level 4.3% yoy, melebihi ekspektasi 4.1%. Bulan sebelumnya data ini menunjukkan angka 4.0% yoy.

Dari AS, Automatic Data Processing, Inc. (ADP) melaporkan bahwa pertumbuhan perekrutan tenaga kerja di sektor swasta (tidak termasuk industri pertanian) mencatatkan angka sebanyak 132K di bulan Agustus. Angka tersebut lebih rendah dari ekspektasi 300K, tapi masih lebih tinggi dari data yang dirilis bulan sebelumnya, yakni 128K.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.