Rupiah Spot Menguat 55 Poin ke Level Rp 14.842,5 per Dolar AS

Rupiah mampu bangkit di hadapan dolar AS hari ini, Selasa (30/8), tapi penguatannya masih belum mampu menutup pelemahan pada perdagangan kemarin. Sementara itu, pergerakan mata uang di kawasan Asia cenderung bervariasi terhadap dolar.

“Dampak pernyataan pimpinan Federal Reserve Jerome Powell di Jackson Hole masih terasa di pasar,” ungkap Carol Kong, analis Commonwealth Bank seperti dikutip Bloomberg.

Sedangkan, pengamat dalam negeri mengatakan bahwa fundamental ekonomi domestik dinilai membaik, sehingga capital inflow masih mengalir di tengah kebijakan hawkish The Fed.

Akan tetapi, rencana kenaikan BBM masih menjadi faktor yang akan diantisipasi oleh pelaku pasar. Selama belum ada kepastian, maka pengaruhnya terhadap nilai tukar rupiah juga masih terbatas

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat 55 poin atau 0,37% ke level Rp 14.842,5 per dolar AS.

Kurs referensi Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) Bank Indonesia (BI) juga terapresiasi hari ini. Kurs Jisdor berada di level Rp 14.875 per dolar AS, menguat tipis 0,08% jika dibandingkan posisi Senin (29/8).

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *