Emas Lanjut Reli di Tengah Meningkatnya Tensi Geopolitik China-AS

Reli harga emas berlanjut pada hari ini, Selasa (2/8), di tengah ketegangan geopolitik China-AS yang meningkat saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi melakukan kunjugan kerja menuju ke Taiwan, di mana dia dikabarkan akan mendarat dalam beberapa jam lagi.

Pelosi adalah politisi AS paling senior yang mengunjungi Taiwan dalam kurun waktu hampir 30 tahun, dan perkembangan itu telah menimbulkan reaksi kemarahan dari Beijing yang mengirim pesawat tempur terbang mendekati wilayah Taiwan. Laporan lainnya juga menyebutkan bahwa angkatan bersenjata China telah ditempatkan dalam posisi siaga tinggi.

Meningkatnya risiko konfrontasi antara China-AS menyebabkan investor cenderung mencari aman dengan memburu aset safe-haven emas. Sehingga, harga emas di pasar spot saat ini sedang bergerak mendekati level 1800.00.

Hingga pukul 21:27 WIB, harga emas (XAU/USD) terpantau menguat 0.74% di kisaran level 1784.34.

XAU/USD Time Frame H1

Dari chart di atas, pergerakan harga emas di atas 1778.87 (R1 Daily) masih menjaga prospek bullish untuk perdagangan hari ini tetap valid. Emas berpotensi naik lebih tinggi mendekati kisaran 1795.97 (R3 Daily) hingga 1800.00.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.