Dolar Melanjutkan Reli Setelah Rilis Data PPI AS

Meski sempat tersendat dalam 2 hari perdagangan terakhir, Greenback kembali melanjutkan reli setelah rilis data Producer Price Index (PPI) AS yang naik melebihi ekspektasi.

Inflasi di tingkat produsen atau PPI AS pada bulan Juni naik ke level 1.1% mom (month-over-month), di atas ekspektasi 0.8% mom. Untuk periode 12 bulan terakhir, PPI berakselerasi ke rekor baru yakni 11.6% yoy (year-over-year), melebihi ekspektasi 10.% yoy.

Adapun pada perdagangan kemarin, inflasi di tingkat konsumen AS, atau Consumer Price Index (CPI) di bulan Juni tercatat naik 1.3% mom, melebihi ekspektasi 1.0%. Core CPI naik 0.7% mom, juga melebihi perkiraan 0.5%.

Sedangkan, CPI berbasis tahunan atau dalam 12 bulan terakhir hingga Juni, berakselerasi dari 8.6% yoy (year-over-year) ke level 9.1% yoy, melebihi ekspektasi 8.7% yoy. Ini merupakan inflasi tahunan yang tertinggi sejak November 1981.

Core CPI berbasis tahunan di bulan Juni sedikit mengalami penurunan dari 6.0% menjadi 5.9% yoy, tapi juga melebihi ekspektasi 5.7% yoy.

Hingga pukul 21:30 WIB, Kamis (14/7), Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau menguat tajam 0.89% di kisaran level 108.98.

Indeks Dolar AS (Time Frame DAILY)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.