Dolar AS Menguat; Euro Merosot Tajam Usai Pernyataan Lagarde Terkait Inflasi

Dolar AS berlanjut menguat pada hari ini, Rabu (29/6). Di sisi lain, Euro merosot tajam versus USD usai pernyataan Lagarde dalam sebuah panel di Portugis.

Hingga pukul 23:02 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.34% di kisaran level 104.84.

Indeks Dolar AS (Time Frame DAILY)

Euro tertekan setelah Presiden European Central Bank (ECB), Christine Lagarde, mengatakan bahwa era inflasi sangat rendah tampaknya tidak akan kembali setelah pandemi.

Berbicara di sebuah panel di Forum ECB di Sintra, Portugis, bersama Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, dan Gubernur Bank of England, Andrew Bailey, Lagarde menambahkan bahwa bank sentral perlu menyesuaikan diri dengan ekspektasi pertumbuhan harga konsumen yang jauh lebih tinggi.

ECB secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada bulan Juli, untuk pertama kalinya dalam satu dekade, mengikuti bank sentral utama lainnya, guna mendinginkan laju inflasi. Akan tetapi, pendapat para ekonom terbagi atas seberapa besar kenaikan suku bunga tersebut.

Dalam pernyataannya, Lagarde menambahkan bahwa ia juga akan mencermati data inflasi Zona Euro yang akan dirilis Jumat (1 Juli) pekan ini.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.