Dolar Berbalik Menguat Pasca ECB; Investor Menunggu Data Inflasi AS

Dolar sempat tertekan di sesi Eropa hari ini, Kamis (9/6), menjelang putusan kebijakan moneter European Central Bank (ECB). Tapi kemudian berbalik menguat setelah ECB mengisyaratkan untuk mulai bersiap menaikkan suku bunga.

Hingga pukul 23:45 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya tercatat menguat 0.39% di kisaran level 102.96. Di saat bersamaan, EUR/USD merosot 0.55% di posisi 1.0655.

Putusan terbaru dari kebijakan moneter ECB menyatakan bahwa bank sentral itu bersiap mengakhiri program stimulus jangka panjang dan akan memberikan kenaikan suku bunga pertama sejak 2011 pada Juni. Hal ini akan diikuti oleh langkah yang berpotensi lebih besar di bulan September dalam upaya untuk meredam laju kenaikan inflasi.

Euro sempat menanjak, tapi kemudian anjlok setelah ECB mengatakan bahwa fragmentasi atau perbedaan biaya pinjaman untuk negara-negara Uni Eropa yang berbeda, dapat berisiko menghambat pelaksanaan kebijakan moneternya.

Sementara itu, investor saat ini sedang menanti data inflasi AS (Consumer Price Index/CPI) periode Mei yang akan dirilis Jumat (10/6). Para ekonomi berekspektasi bahwa CPI tahunan adalah sebesar 8.3% yoy (year-over-year), tidak berubah dari bulan April.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *