Dolar Masih Bertahan Menguat Usai Rilis Data Tenaga Kerja AS

Dolar sejauh ini bertahan menguat setelah rilis data tenaga kerja AS di sesi New York, Jumat (3/6). Akan tetapi penguatannya terlihat masih terbatas jika dibandingkan dengan kenaikan pada Rabu (1/6). Investor tampaknya tengah mempelajari data-data AS yang dirilis hari ini dan mempelajari keterkaitannya atas rencana kenaikan suku bunga Federal Reserve (bank sentral AS/The Fed).

Hingga pukul 22:50 WIB, Indeks Dolar AS yang mengukur kekuatan USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.45% di kisaran level 102.20

Indeks Dolar AS (Time Frame DAILY)

Data tenaga kerja AS periode Mei yang dirilis hari ini bisa dibilang terlihat cukup positif. NFP (Non-farm Payroll) meningkat melebihi ekspektasi, tapi kenaikannya masih lebih kecil dari data bulan April (aktual: 390K, ekspektasi: 325K, data bulan sebelumnya: 436K).

Data pengangguran naik melebihi ekspektasi di bulan Mei, tapi masih sama seperti bulan sebelumnya (aktual: 3.6%, ekspektasi: 3.5%, data bulan sebelumnya: 3.6%).

Pertumbuhan data upah per jam periode Mei juga demikian, masih sama seperti bulan April, tapi lebih rendah dari ekspektasi (aktual: 0.3%, ekspektasi: 0.4%, data bulan sebelumnya: 0.3%).

Sebagian analis Barat yang mengatakan, pelaku pasar saat ini lebih fokus pada inflasi. Tapi sebagian lagi mengungkapkan bahwa data tenaga kerja AS juga akan dapat memberikan proyeksi mengenai kekuatan ekonomi yang lebih luas.

Analis lainnya juga mengatakan bahwa Dolar AS masih berisiko melemah karena beberapa faktor. Antara lain adalah rencana Arab Saudi untuk memompa lebih banyak minyak dimana hal ini akan dapat membantu menyeimbangkan kekhawatiran atas lonjakan inflasi dan pengetatan kebijakan moneter.

Faktor lainnya adalah rencana China untuk melonggarkan aturan pembatasan Covid-19. Shanghai, kota finansial terbesar China, dilaporkan ramai beraktivitas pada Rabu (1/6) setelah dua bulan lockdown ketat. Toko-toko dibuka kembali dan orang-orang kembali berangkat ke kantor, bersantai di taman, dan berbelanja ke pasar atau supermarket.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *