Masih Tren Turun, Bitcoin Ancam Support US$19700

Harga bitcoin masih dalam kondisi downtrend secara jangka menengah. Aset berisiko ini belum bisa bangkit akibat sentimen penguatan Dolar AS yang ditopang prospek kenaikan suku bunga Federal Reserve dan ketidakpastian geopolitik.

Hingga pukul 20:29 WIB, harga Bitcoin berada di kisaran level $28200 atau melemah sekitar 4.23% pada hari ini, Kamis (26/5).

Pada chart Weekly di bawah ini, terlihat bahwa harga Bitcoin sedang bergerak turun mendekati support $19700, yang sebelumnya merupakan level tertinggi bulan Desember 2017.

Bitcoin (Time Frame WEEKLY)

Banyak analis Barat berpendapat, bahwa penurunan harga tersebut adalah peluang besar untuk mencari posisi beli. Namun mereka juga memberikan catatan penting, yakni agar investor juga terus memantau perkembangan terbaru dari tensi geopolitik di Ukraina. Konflik antara Rusia dengan Ukraina hingga kini belum ada titik temu untuk berdamai, bahkan perang tersebut berpotensi makin panjang.

Dampak dari perang di Ukraina menyebar kemana-mana. Mulai dari harga komoditas yang melambung tinggi dan menyebabkan lonjakan inflasi di banyak negara secara global. Termasuk AS. Padahal, kita tahu bahwa ekonomi global belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19.

Inflasi yang meningkat menyebabkan Federal Reserve (bank sentral AS/The Fed) terpaksa harus menaikkan suku bunga. Di sisi lain, ada kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga yang melaju terlalu cepat justru akan berisiko menyebabkan dislokasi ekonomi yang signifikan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *