Mengenal Mata Uang Komoditas: Dolar Australia dan Dolar Kanada

Mata uang komoditas adalah mata uang yang nilainya sangat dipengaruhi oleh harga komoditi ekspor dari negara asal mata uang tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara padat dan singkat tentang Australia dan Kanada. Dua negara itu adalah pemilik mata uang komoditas yang paling populer di dunia, dengan simbol AUD dan CAD.

Australia

Australia dikenal sebagai salah satu negara pengekspor bahan tambang terbesar dunia. Ekspor utamanya antara lain bijih besi dan konsentratnya. Kemudian, batu bara, gas, minyak, serta emas.

Terkait emas, Australia merupakan penghasil emas terbesar kedua dunia setelah China. Ekspor emas memiliki porsi yang terbesar dalam Gross Domestic Product (GDP) Australia. Sehingga, fluktuasi harga emas dunia akan sangat berdampak pada GDP dan nilai tukar mata uang AUD.

Dengan demikian, trader sebaiknya juga mengamati pergerakan harga emas sebelum mengambil keputusan untuk bertransaksi pada pasangan mata uang yang berhubungan dengan AUD.

Kanada

Kanada adalah negara yang menggantungkan nilai tukar Loonie (sebutan untuk Dolar Kanada) pada komoditas minyak. Negara ini memiliki cadangan minyak terbesar ketiga di dunia, yakni sebanyak 170,000 juta barel.

Fluktuasi harga minyak mentah dunia akan sangat berdampak pada pergerakan Dolar Kanada. Sehingga, harga minyak dengan Dolar Kanada memiliki korelasi yang positif. Artinya, apabila harga minyak dunia turun, maka perekonomian Kanada sebagai salah satu negara pengekspor utama minyak mentah dunia juga akan terganggu.


Seperti diketahui, saat pecah konflik antara Rusia dengan Ukraina pada bulan Februari 2022 lalu, harga komoditas meningkat secara tajam. Terutama harga minyak mentah yang segera disusul dengan harga emas dunia.

Sehingga, ketika Indeks Dolar AS bergerak naik, AUD/USD justru menguat. Sementara, USD/CAD cenderung turun atau Dolar AS tertekan di hadapan Dolar Kanada.

Keperkasaan Dolar Kanada lebih terlihat secara jelas terhadap Euro, atau pada pasangan mata uang EUR/CAD, mengingat bahwa perang Rusia-Ukraina lebih berdampak buruk pada ekonomi Uni Eropa.

Mari kita perhatikan grafik Daily AUD/USD, USD/CAD dan EUR/CAD di bawah ini:

AUD/USD Time Frame Daily
USD/CAD Time Frame Daily
EUR/CAD Time Frame Daily

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.