Indeks Dolar Masih Stabil Setelah Rilis Data PPI AS

Dolar AS bergerak cukup stabil terhadap beberapa mata uang utama lainnya di sesi New York hari ini, Rabu (13/4). Sementara itu, EUR/USD bergerak di kisaran level terendah 2022 namun masih bertindak sebagai support kuat sejauh ini.

Hingga pukul 21:16 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau menguat tipis 0.01 persen di kisaran level 100.31.

Bureau of Labor Statistic (BLS) AS melaporkan bahwa Producer Price Index (PPI) AS secara bulanan berada di angka 1.4% di bulan Maret, melebihi ekspektasi 1.1%. Sedangkan Core PPI secara bulanan melonjak ke angka 1.0%, jauh di atas ekspektasi 0.5%

Sebelumnya, BLS melaporkan pada Selasa (12/4) bahwa Consumer Price Index (CPI) AS secara tahunan berada di angka 8.5%, sedikit melebihi ekspektasi 8.4%. Secara bulanan, CPI AS naik ke angka 1.2% sesuai dengan ekspektasi. Sedangkan, Core CPI AS secara bulanan turun ke angka 0.3%, di bawah ekspektasi 0.5%.

Dari Inggris, Office for National Statistics (ONS) melaporkan bahwa Consumer Price Index (CPI) secara tahunan naik ke angka 7.0% di bulan Maret, melebihi ekspektasi 6.7%. Sedangkan, Core CPI mencatat angka 5.7%, melebihi perkiraan 5.3%.

Sementara itu, European Central Bank (ECB) akan menggelar rapat kebijakan moneter pada Kamis (14/4). Pelaku pasar menilai ECB menghadapi kesulitan untuk menyeimbangkan lonjakan harga konsumen dengan tekanan pada pertumbuhan. Meski ada sedikit kemungkinan untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan ini, pasar uang memperkirakan kenaikan sekitar 70 basis poin tingkat suku bunga pada bulan Desember mendatang.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.