Dolar AS Menguat Terbatas, Euro Ditopang Sentimen Pilpres Perancis

Dolar AS masih bertahan menguat terhadap beberapa mata uang utama lainnya di awal perdagangan sesi New York hari ini, Senin (11/4). Namun, Euro juga bergerak naik menyusul hasil pilpres putaran pertama di Perancis.

Hingga pukul 22:12 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.08 persen di kisaran level 99.92. Sementara, EUR/USD tercatat naik 0.13 persen di kisaran 1.0889.

Dari Perancis, Presiden petahana Emmanuel Macron memimpin perolehan suara dalam putaran pertama pemilihan presiden Prancis. Macron akan berhadapan dengan penantang sayap kanan Marine Le Pen pada putaran berikutnya, yakni 24 April mendatang.

Jajak pendapat menunjukkan persaingan yang ketat, tetapi awal yang kuat dari Macron memberi kepercayaan bagi pasar yang mewaspadai kebijakan proteksionisme Le Pen, bahkan saat ia tidak lagi mendukung penghentian penggunaan mata uang Euro.

Sementara itu, European Central Bank (ECB) dijadwalkan untuk bertemu pekan ini dan mengumumkan putusan kebijakan pada Kamis (14/4). Banyak analis Barat yang menilai bahwa ECB mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan melonjaknya harga konsumen terhadap tekanan pada pertumbuhan akibat perang di Ukraina.

Pejabat bank sentral yang lebih hawkish telah mendesak ECB untuk segera mengendalikan kebijakan akomodatifnya. Tetapi, saat bank sentral dapat memberikan rincian lebih lanjut mengenai penghentian pembelian aset, ECB kemungkinan tidak memberikan sinyal eksplisit soal kenaikan suku bunga.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *