Dolar AS Stabil, Pasar Menunggu Pernyataan Powell

Dolar AS terlihat bergerak stabil terhadap beberapa mata uang utama lainnya di sesi New York hari ini, Senin (21/3). Sementara itu, investor sedang menunggu pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell yang akan dijadwalkan pukul 23:00 WIB. Powell akan berpidato di acara National Association for Business Economics Annual Economic Policy Conference, di Washington DC.

Pelaku pasar berharap akan mendapatkan tambahan petunjuk dari Powell, terkait dengan kebijakan moneter Federal Reserve (bank sentral AS) setelah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin pekan lalu.

Hingga pukul 22:09 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya terpantau menguat tipis 0.05 persen di kisaran level 98.28.

Pekan ini, sejumlah pejabat The Fed lainnya juga akan memberikan pernyataan.

Analis ING berpendapat: “Ada kubu yang berargumen dolar biasanya mengalami penjualan dalam enam bulan pertama dari siklus pengetatan Fed – kemungkinan atas mentalitas ‘beli rumor, jual fakta’ dari siklus pengetatan moneter.”

“Apa yang berbeda kali ini, menurut pendapat kami, adalah pengetatan agresif yang akan dilakukan oleh The Fed dan ketidakpastian konflik di Ukraina yang telah merusak prospek pertumbuhan Eropa dan akan membebani mata uang di kawasan tersebut.”

Sementara itu, Joseph Trevisani, analis senior FXStreet mengatakan: “The Fed benar-benar hanya dibatasi oleh perkembangan di Ukraina, karena mereka mengkhawatirkan resesi. Meski saat ini tidak ada tanda-tanda resesi yang nyata, tetapi The Fed harus memperhitungkan hal itu.”

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.