Indeks Dolar Terkoreksi, Tapi USD/JPY Cetak Level Tertinggi 5 Tahun

Dolar AS masih bergerak melemah terhadap beberapa mata uang utama lainnya di awal perdagangan sesi New York, Senin (14/3). Namun, USD/JPY melaju ke level tertinggi 5 tahun, menjelang putusan kebijakan Federal Reserve (bank sentral AS/The Fed) pekan ini.

Hingga pukul 21:45 WIB, Indeks Dolar AS yang mengukur kekuatan USD versus sejumlah mata uang utama lainnya terpantau melemah 0.30 persen di kisaran level 98.84.

Di saat bersamaan, USD/JPY tercatat naik 0.59 persen di kisaran level 117.96. Sementara, EUR/USD juga naik 0.50 persen di posisi 1.0965.

Pekan ini akan menjadi minggu yang sibuk bagi para investor, karena beberapa bank sentral akan mengumumkan kebijakan moneternya. Antara lain The Fed, Bank of England (BoE) dan Bank of Japan (BoJ).

Bank sentral AS diperkirakan akan mengumumkan kenaikan suku bunga pertamanya pada Kamis dini hari (WIB) nanti. Ketidakpastian yang disebabkan konflik Rusia-Ukraina hampir mengesampingkan kenaikan 50 basis poin. Tetapi dengan inflasi konsumen yang mencapai 7,9%, peningkatan tahunan terbesar dalam 40 tahun, The Fed telah memperjelas niat untuk menaikkan suku bunga. Kenaikan 25 basis poin tampaknya mungkin terjadi.

Sebaliknya, BoJ diperkirakan akan tetap berpandangan dovish pada pertemuan pekan ini karena para pengambil kebijakan mencoba untuk mendorong pemulihan ekonomi negara yang lemah akibat pandemi Covid-19.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.