Rupiah Spot Menguat 27 Poin ke Level Rp 14.364 per Dolar AS – Jumat (25/2)

Rupiah berhasil terapresiasi di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini, Jumat (25/2). Pergerakan rupiah sejalan dengan mayoritas mata uang Asia lainnya.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat 27 poin atau 0.19 persen ke level Rp 14.364 per dolar AS.

Sementara, kurs referensi Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) Bank Indonesia (BI) juga terapresiasi hari ini, meskipun hanya naik tipis. Kurs Jisdor berada di level Rp 14.369 per dolar AS, menguat 0,01% dibandingkan Kamis (24/2).

Hingga pukul 15.00 WIB, rupee India memimpin penguatan di Asia setelah naik 0,46% terhadap dolar AS. Disusul, baht Thailand yang menguat 0,31%.

Para pengamat mengatakan, investor cenderung kembali mengukur ulang dampak perang Rusia-Ukraina terhadap pertumbuhan ekonomi global. Ini mendorong mata uang emerging markets bisa mengambil napas dari pelemahan sebelumnya.

Seperti diketahui, sebagian besar mata uang di Asia tertekan aksi penghindaran risiko (risk aversion) menyusul serangan militer Rusia ke wilayah Ukraina yang dimulai Kamis (24/2).

Sementara itu, dari dalam negeri, pasar terus memonitor perkembangan tax amnesty yang saat ini sedang berjalan dan hasilnya sangat memuaskan.

Menurut Direktorat Jenderal Pajak atau Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, tercatat 17.103 wajib pajak yang mengikuti program pengungkapan sukarela (PPS) atau tax amnesty dalam 56 hari penyelenggaraannya.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.