Indeks Dolar Masih Stabil, Pasar Pantau Omicron Sambil Menunggu Data Tenaga Kerja AS

Meski melemah, Dolar AS masih terpantau cukup stabil versus beberapa mata uang utama lainnya pada hari ini, Kamis (2/12). Dolar cenderung sideways di tengah kekhawatiran pasar atas penyebaran Omicron, varian baru Covid-19. Sementara itu, investor juga menunggu data tenaga kerja AS yang akan dirilis besok.

Hingga pukul 20:51 WIB, Indeks Dolar AS tercatat melemah 0.14 persen di kisaran level 95.90.

Para pelaku pasar masih terus memantau perkembangan Omicron yang ditakutkan dapat menghambat pemulihan global. AS melaporkan kasus pertama dari varian corona ini pada Rabu (1/12). Australia, Inggris, Kanada, dan Jepang, juga melaporkan kasus yang sama meskipun perbatasan diperketat.

Sementara itu, jumlah kasus omicron di Afrika Selatan, tempat ditemukannya varian empat pekan lalu, meningkat dua kali lipat dari Selasa (30/11) hingga Rabu.

Analis National Australia Bank, Ray Attrill, mengatakan: “Jika tidak ada yang lain, penegasan kesaksian Powell mengindikasi bahwa ia sama sekali tidak senang dengan bagaimana pasar menafsirkan apa yang ia katakan sebelumnya.”

“Yang benar adalah kita kurang dari satu hingga tiga pekan ke depan untuk menyimak pendapat ahli epidemiologi, bukan analis pasar. Ini sebelum memberikan penilaian yang tepat terkait keseriusan masalah Omicron dan efektivitas vaksin yang ada.”

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.