Cara Menangkap Peluang Koreksi dari Reli yang Tajam

Artikel kali ini adalah membahas tips untuk menangkap peluang terjadinya koreksi dari reli yang tajam. Ada banyak cara. Memetakan minor resistance/support atau menurunkan time frame untuk mengamati aksi harga terhadap Moving Average (MA) adalah salah satunya. Cara ini tergolong sederhana, namun seringkali cukup efektif.

Sebelumnya, kita amati dulu pergerakan harga emas (XAU/USD) pada tanggal 13 hingga 15 Oktober 2021. Gold mencetak reli tajam pada 13 Oktober. Jika kita men-setup MA-100 pada time frame H1, maka terlihat bahwa harga emas bergerak jauh di atas MA-100. Dalam banyak kasus, kondisi seperti ini malah rentan terkoreksi.

Kemudian, pada 14 Oktober 2021 minor resistance/support (R/S) terbentuk. Langkah kita selanjutnya adalah: menandai level dari minor R/S. Dari sini, strategi teknikal day trading menjadi sangat sederhana. Hanya buy jika harga naik menembus resistance. Atau, sell jika harga turun menembus support. Sementara, area minor R/S adalah wilayah untuk exit dari posisi apapun.

Selanjutnya, jika reli harga sebelumnya memang membuatnya bergerak jauh di atas MA-100 (H1), maka kita juga bisa memanfaatkan MA-100 pada time frame M15. Ini untuk menegaskan bahwa koreksi masih atau sedang berlanjut sampai harga kembali bergerak di atas MA-100 (M15).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *