Trading dengan Candle Pattern Bearish Engulfing

Prinsipnya sama seperti pola Bullish Engulfing, hanya arah pergerakannya yang berbeda. Bearish Engulfing adalah salah satu sinyal aksi harga (price action) yang cukup sering hadir dalam kerangka waktu tertentu. Trader profesional memanfaatkannya untuk bersiap mengantisipasi koreksi harga. Termasuk kemungkinan dimulainya fase downtrend.

Bearish Engulfing adalah pola yang terjadi akibat respon sellers yang kuat di level tertinggi dari tren bullish. Pola itu membentuk “body” lebih tebal dengan High/Low yang menelan (engulf) candlestick sebelumnya.

Mari kira simak ilustrasi di bawah ini:

Dari gambar di atas, Bearish Engulfing terbentuk di akhir tren bullish pasangan mata uang USD/CAD (time frame Daily). Pola itu “menelan” candle (bullish) sebelumnya. Tampak pada contoh di atas, level High terlihat lebih tinggi, “body” lebih tebal atau lebih panjang dan Low lebih rendah dari sebelumnya. Ini adalah contoh yang bisa dibilang cukup ideal.

Harap diperhatikan, Bearish Engulfing tidak selalu berpotensi reversal atau pergantian tren. Kadangkala, pola itu adalah indikasi koreksi/konsolidasi. Kemudian, disusul dengan bullish continuation.

Mari kita perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Dari gambar di atas, Bearish Engulfing memang disusul penurunan/konsolidasi harga. Tapi kemudian tren bullish kemudian kembali berlanjut.

Ada satu lagi price action yang memiliki peluang besar pembalikan arah. Yakni, ketika resistance terbentuk namun gagal menutup candlestick di atas resistance tersebut.

Mari kita lihat ilustrasi di bawah ini:

Dari ilustrasi di atas, Bearish Engulfing terbentuk setelah candlestick Daily gagal menutup posisi di atas zona resistance. Kemudian, terjadi pembalikan tren.

Sampai di sini, kami berharap agar Anda selalu mengingat Bearish Engulfing. Tentu saja termasuk Bullish Engulfing. Histori mencatat, potensinya memang cukup besar. Ini bisa menjadi peluang untuk meraup profit dengan risiko/Stop Loss (SL) yang terukur.

Semoga bermanfaat…

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *