Dolar Lanjut Terkoreksi Setelah Rilis Beberapa Data AS

Sejumlah data AS yang dirilis di sesi New York, Jumat (1/10), menunjukkan hasil yang positif. Namun, aksi ambil untung (profit taking) tampaknya sedang terjadi. Dolar AS telah mencetak reli 3 pekan berturut-turut sebelumnya, sehingga USD tetap melanjutkan koreksi pada hari ini.

Hingga pukul 22:20 WIB, Indeks Dolar AS terpantau melemah 0.18 persen di kisaran level 94.07.

Adapun pada perdagangan Kamis (30/9), Indeks Dolar ditutup melemah 0.13 persen ke posisi 94.24.

Core PCE Price Index AS dilaporkan naik 0.3 persen mom (month-over-month) untuk periode Agustus, sama seperti bulan sebelumnya. Untuk yang berbasis tahunan, data ini tidak berubah di angka 3.6 persen yoy (year-over-year), sesuai ekspektasi.

Personal Income AS naik 0.2 persen mom sesuai perkiraan. Sedangkan Personal Spending naik 0.8 persen mom, melebihi ekspektasi 0.7 persen mom.

Institute for Supply Management (ISM) merilis hasil survei terbarunya pada hari ini bahwa Purchasing Manager’s Index (PMI) sektor manufaktur AS naik dari indeks angka 59.9 ke 61.1 di bulan September, melebihi ekspektasi 59.6.

ISM mengatakan: “Hubungan data sebelumnya antara PMI manufaktur dan ekonomi secara keseluruhan menunjukkan bahwa untuk bulan September (61,1%) adalah sesuai dengan peningkatan 5,1% dalam gross domestic product (GDP) riil secara tahunan.”

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.