Trading dengan Candle Pattern Bullish Engulfing

Pola Bullish Engulfing adalah salah satu sinyal aksi harga (price action) yang kehadirannya cukup sering terjadi dalam periode waktu tertentu. Banyak trader profesional memanfaatkan pola itu untuk mengidentifikasi kemungkinan retracement atau pembalikan harga. Candle pattern itu juga digunakan untuk mulai menyusun strategi yang baru.

Bullish Engulfing adalah pola yang terjadi akibat respon buyers yang kuat di level terendah dari tren bearish. Pola itu membentuk “body” lebih tebal dengan High/Low yang menelan (engulf) candlestick sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kira perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Dari gambar di atas, Bullish Engulfing terbentuk di akhir tren bearish pasangan mata uang USD/CAD (time frame Daily). Pola itu “menelan” candle (bearish) sebelumnya. Tampak pada contoh di atas, level High terlihat lebih tinggi, “body” lebih tebal atau lebih panjang dan Low lebih rendah dari sebelumnya. Ini adalah contoh yang tergolong sempurna.

Perlu untuk diperhatikan, Bullish Engulfing tidak selalu berpotensi reversal atau pergantian tren. Kadangkala, pola itu adalah indikasi retracement. Kemudian, disusul dengan bearish continuation.

Mari kita perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Dari gambar di atas, Bullish Engulfing memang mendorong harga naik setelah mengalami tekanan bearish. Tapi kemudian tren bearish kembali berlanjut.

Ada satu lagi price action yang memiliki peluang besar pembalikan arah (reversal). Yakni, ketika support terbentuk namun harga gagal menutup candlestick di bawah support tersebut.

Mari kita simak ilustrasi di bawah ini:

Dari ilustrasi di atas, Bullish Engulfing terbentuk setelah candlestick Daily gagal menutup posisi di bawah support. Kemudian, terjadi pembalikan tren.

Sampai di sini, kami berharap agar Anda selalu mengingat price action yang satu ini. Terutama karena potensinya memang cukup besar dan umumnya berisiko retracement atau reversal.

Semoga bermanfaat…

[ BACA JUGA: Trading dengan Candle Pattern Bearish Engulfing ]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *