Rupiah Spot Menguat 5 Poin ke Rp 14.237,5 per Dolar AS – Selasa (21/9)

Rupiah Spot Hari Ini

Rupiah berhasil mengikis pelemahan kemarin, menyusul keputusan Bank Indonesia (BI) mempertahankan tingkat suku bunga acuan. Rupiah menguat terhadap dolar AS bersama mayoritas mata uang Asia lainnya.

Pengamat mengatakan, pergerakan rupiah masih dalam rentang konsolidasi menunggu beberapa kebijakan bank sentral pekan ini.

Dari sisi internal, rupiah mendapat dukungan setelah BI mempertahankan suku bunga acuan di 3,5%. Langkah tersebut sesuai ekspektasi pasar.

Selain suku bunga acuan, BI juga mempertahankan suku bunga fasilitas simpanan dan fasilitas pinjaman masing-masing 2,75% dan 4,25%.

Dari sisi eksternal, pelaku pasar masih menunggu pengumuman kebijakan Federal Reserve (The Fed/bank sentral AS) pada Kamis (23/9) dini hari (WIB). Sikap investor yang cenderung wait and see ini menyebabkan penguatan rupiah menjadi terbatas.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot menguat tipis 5 poin atau 0.04 persen ke posisi Rp 14.237,5 per dolar AS pada akhir perdagangan Selasa (21/9).

Kurs Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) juga menguat hari ini. Sekarang di posisi Rp 14.244, menguat 0,05% dibandingkan Senin (20/9).

Hingga pukul 15.00 WIB, won Korea Selatan memimpin penguatan mata uang Asia setelah ditutup naik 0,20% terhadap dolar AS, diikuti peso Filipina yang juga naik 0,14%.

Sementara itu, baht Thailand menjadi mata uang yang melemah paling dalam di Asia setelah turun 0,31%, disusul yen Jepang yang melemah 0,18% pada perdagangan kali ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *