Meski Klaim Pengangguran Mengecewakan, Retail Sales AS Tumbuh Meyakinkan

Greenback menguat tajam versus sejumlah mata uang utama lainnya pada hari ini, Kamis (16/9), menyusul rilis beberapa data AS. Sementara itu, isu tapering kembali membayangi sentimen setelah pernyataan beberapa pejabat The Fed. Para pejabat bank sentral itu menginginkan agar pengurangan program pembelian aset dimulai akhir tahun ini.

Biro Sensus AS melaporkan bahwa Retail Sales berbasis bulanan naik 0.7 persen di bulan Agustus. Angka itu jauh di atas ekspektasi -0.7 persen. Core Retail Sales pun tumbuh meyakinkan dengan kenaikan 1.8 persen, melebihi ekspektasi -0.1 persen.

Departemen Tenaga Kerja AS juga melaporkan bahwa klaim pengangguran mingguan (Unemployment Claims) untuk periode pekan yang berakhir 11 September mencatat jumlah klaim sebanyak 332K. Angka ini lebih tinggi dari minggu sebelumnya 312K dan di atas ekspektasi 325K.

Sementara itu, pelaku pasar memfokuskan perhatian pada rapat/pertemuan para petinggi The Fed (Federal Reserve/bank sentral AS) yang dijadualkan pekan depan. Investor berharap akan mendapatkan petunjuak tentang program penguranan pembelian aset (tapering).

Hingga pukul 22:12 WIB, Indeks Dolar AS yang mengukur kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.47 persen di kisaran level 92.90.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.