Indeks Dolar Masih Loyo Pasca Data Klaim Pengangguran AS dan Putusan ECB

Dolar AS masih loyo versus beberapa major currency pada Kamis (9/9), usai rilis data klaim pengangguran dan putusan ECB. Hingga pukul 21:33 WIB, Indeks Dolar terpantau melemah 0.10 persen di level 92.62.

Klaim pengangguran mingguan AS untuk periode pekan yang berakhir 4 September mencatat klaim sebanyak 310K. Angka itu lebih rendah dari ekspektasi 343K dan turun dari pekan sebelumnya (345K).

Sebelumnya, European Central Bank (ECB) mengumumkan hasil rapat kebijakan moneter pada hari ini. Sesuai ekspektasi, main refinancing rate, marginal lending rate dan deposit rate tidak berubah di angka 0.00 persen, 0.25 persen, dan -0.50 persen.

Lebih lanjut, ECB tetap menjaga program paket stimulus PEPP (Pandemic Emergency Purchase Programme) di angka € 1850 miliar, setidaknya hingga akhir Maret 2022.

Namun, para pejabat ECB menilai bahwa pembiayaan dapat dipertahankan dengan penurunan laju pembelian PEPP yang moderat dibandingkan dua kuartal sebelumnya.

Sempat fluktuaktif, EUR/USD bergerak cukup stabil usai putusan ECB. Sejauh ini masih tercatat naik tipis 0.04 persen di kisaran level 1.1817.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *